Thursday, April 16, 2009

Penampakan tangan Tuhan

[pict] Penampakan tangan Tuhan



HOUSTON - Kegemparan yang disebabkan fenomena penemuan Eye of God alias "Mata Tuhan" oleh astronom Eropa Februari lalu baru saja reda. Kini muncul kehebohan baru setelah wahana ruang angkasa tanpa awak milik NASA mengabadikan gambar yang tidak kalah sensasional. Yaitu, "Tangan Tuhan".

Sebagaimana dilansir Daily Telegraph, gambar yang dipotret oleh Chandra X-ray Observatory itu memperlihatkan nebula yang membentuk seperti tangan.

Diperkirakan "Tangan Tuhan" itu terbentuk dari ledakan bintang superbesar, supernova. Hasil ledakan itu dikenal sebagai B1509, berupa pusat astronomi yang diperkirakan berusia 1.700 tahun dan berjarak 17.000 tahun cahaya dari permukaan bumi. Itu berarti membutuhkan waktu perjalanan sinar-X dengan kecepatan 670 juta meter per jam menuju bumi.

"Tangan Tuhan" tersebut dideskripsikan sebagai awan biru yang remang-remang terlihat seperti sedang mengulurkan ibu jari dan jari-jarinya berusaha menggenggam batu bara yang merah menyala.

"Gambar itu diabadikan dari kumpulan awan biru yang mengorbit sekitar 360 mil dari permukaan bumi," kata sumber di NASA seperti dikutip Daily Mail.

Pusat energi ''Tangan Tuhan'' itu dijelaskan oleh NASA luasnya kecil, sekitar 12 mil (sekitar 19,3 kilometer). Tetapi, putarannya sangat cepat, membuat tujuh rotasi lengkap setiap detik. Partikel-partikel yang menyebar itu membentuk perputaran nebula 150 tahun cahaya. "Jari-jari" itu seperti mentransfer energi dengan mendekati awan gas yang berbentuk seperti batu bara yang mengeluarkan cahaya berwarna oranye dan merah dalam sinar X.

Warna pada gambar mewakili perbedaan intensitas energi. Cahaya biru merupakan area dari sinar-x tertinggi diikuti hijau dan merah. Pusat astronomi "Tangan Tuhan" itu memuntahkan sejumlah besar energi elektromagnetik , menciptakan debu dan awan gas begitu luasnya sehingga bersinar 150 tahun cahaya. Bintang neutron yang membentuk gambar itu merupakan bagian dari awan gas yang mendapatkan energi dari angin elektron dan ion yang menyebar keluar dari pulsar


sumber : http://www.jawapos.com/halaman/index...tail&nid=63670

Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1703143

0 comments:

Post a Comment