Sunday, July 12, 2009

8 hal yang perlu diketahui tentang teh

Minuman terpopuler kedua di dunia setelah air mineral adalah teh. Permintaan teh di seluruh dunia terus meningkat seiring dengan perhatian orang-orang untuk lebih memperhatikan kesehatan masing-masing.
Coba perhatiin aja deh, berapa banyak perusahaan minuman teh dalam kemasan yang memproduksi
teh hijau.
Teh juga dipandang sebagai alternatif minuman kopi. Gerai-gerai kopi tidak hanya menjual kopi saja sebagai minuman andalan namun juga minuman teh.

Tapi ada baiknya juragan semua mengetahui hal-hal berikut ini:




Mitos: Teh punya beragam varietas

Salah! Hanya ada satu tumbuhan teh—yaitu Camellia sinensis.
Nih gan gambarnya:
Spoiler for Camellia sinensis:

Perbedaan warna dan rasa teh—Hitam, Hijau dan Oolong (campuran teh hitam dengan teh hijau)—bergantung dari berapa lama daun-daun teh diproses. Untuk teh hitam, daun teh dibiarkan dijemur di udara terbuka, atau mengalami oksidasi. Teh Hijau sangat sedikit mengalami pemrosesan demi menjaga warna serta citra rasa.


Mitos: Teh herbal adalah teh

Salah! Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa teh berasal dari tumbuhan Camillia sinensis. Teh herbal terbuat dari tumbuhan lain sebagai contoh biji-bijian yang berasal dari Afrika Selatan.


Mitos: Teh mampu melawan sel kanker

Benar—jika Anda adalah seekor tikus. Riset membuktikan bahwa teh mempunyai kekuatan besar melawan sel kanker pada binatang pengerat, demikian profesor Jeffrey Blumberg, seorang ahli nutrisi dari the Antioxidants Research Laboratory di Tufts University, Amerika Serikat. Data mengenai hal ini terhadap manusia masih diragukan. Namun benar bahwa teh dapat mengurangi resiko serangan jantung, tambah Blumberg. Catechins, dari flavonoid-lah yang membuat teh baik bagi kesehatan. Flavonoid adalah senyawa tumbuhan yang dikenal dengan nama phytochemicals. Di dalam daun teh inilah terkandung catechins dalam jumlah banyak.


Mitos: Teh Hitam mengandung kafein yang lebih tinggi dibandingkan Teh Hijau

Salah! Perbedaan antara Teh Hitam dengan Teh Hijau terletak pada pemrosesannya, yang mana tidak berpengaruh terhadap kandungan kafein. Oleh karena keduanya berasal dari tumbuhan yang sama, maka kandungan kafeinnya pun sama.


Spoiler for ngeteh:


Spoiler for ngeteh:



Mitos: Anda bisa meng-decaffein teh biasa

Salah! Seduh teh dalam air panas selama 30 detik, angkat dari air, dan ulangi lagi. Teknik meng-decaffein ini pun tidak menghasilkan apapun. Kalaupun berhasil, Anda tidak hanya mengurangi kandungan kafein, tapi Anda juga mengeliminir catechins dan flavonoids, yang cenderung dikeluarkan pada 30 detik pertama.


Mitos: Mengkonsumsi Teh Hijau dapat melangsingkan badan

Salah! Beberapa peneliti menyimpulkan bahwa kafein dan EGCG—zat catechin aktif yang terdapat di dalam teh—dapat bekerja secara simultan untuk membakar lemak. Namun penelitian lanjutan yang mencengangkan membuktikan bahwa hasilnya sangatlah minim yang bisa hilang bahkan sebelum Anda menghabiskan setengah buah Oreo, jelas Blumberg. Tapi, teh mengandung nol kalori apabila tidak ditambahkan susu, madu atau gula. Sehingga walaupun teh tidak menambah metabolisme tubuh, teh berpengaruh baik bagi tubuh.
Spoiler for Teh Hijau:


Mitos: Menambahkan susu dapat menghilangkan khasiat teh

Mungkin ya mungkin tidak! Hanya ada satu penelitian yang menyatakan bahwa menambahkan susu dapat menghalangi kemampuan tubuh untuk menyerap kandungan catechin yang ada di dalam teh. Hal ini masih dalam perdebatan, lanjut Blumberg.


Mitos: Restoran mengerti cara menyajikan teh


Spoiler for Teh:
Apabila Anda disuguhi secangkir air panas dengan kantung teh di sebelahnya, maka Anda akan berusaha membuat kantung teh agar tidak mengambang menggunakan sendok atau bahkan yang lebih buruk dengan jari Anda!
"Masukkan kantung teh ke dalam cangkir kemudian tuang air panas," ujar Mark Ukra penulis "The Ultimate Tea Diet" (Collins Living). Ukra juga menambahkan bahwa apabila Anda suka menikmati teh dengan susu maka tuangkan susu terlebih dahulu, kantung teh kemudian air panas. Ada juga yang menambahkan susu setelah dituang air panas. Rebus air selama 3-5 menit untuk Teh Hitam. Untuk Teh Hijau, gunakan air panas yang hampir mendidih.

link : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2167338

0 comments:

Post a Comment