Monday, February 16, 2009

prakiraan hujan dan peralamalan banjir

Hujan masih akan terus melanda Indonesia. Dibawah ini peta perkembangan suhu rata-rata di sekitar katulistiwa dan Indonesia oleh NOAA (National Oceanic and Atmospheric Administration). Serta prakiraan curah hujan yang sangat tinggi yang melanda Indonesia menurut BMG (Badan Meteorologi dan Geofisika).

Curah hujan ini sudah dipastikan menyebabkan banjir dibeberapa tempat yang selama menjadi langganan banjir. Berita-berita di media sudah banyak memberitakan banjir yang terjadi di Sumatra, Jawa dan bahkan banjir Bengawan Solo kembali melanda kota-kota di Jawa Timur.

Bukan Pemanasan Global tetapi Perubahan Iklim
“Not just Global Warming but Climatic Change”


Datangnya musim hujan 2009 kali ini memang seringkali tidak seperti diperkirakan seperti jaman dahulu. Perubahan iklim dan cuaca yang terjadi kali ini tidak hanya karena siklus, tetapi juga munculnya perubahan perilaku alam. Bisa karena ulah manusia, bisa juga karena adanya perubahan alamiah. Global warming mungkin bukan hanya diantisipasi karena perubahan panas-nya, tetapi lebih baik kalau disikapi sebagai sebuah “climatic change” - Perubahan Iklim.



Prakiraan suhu permukaan laut diatas dibuat oleh NOAA. Dan tentunya semua sudah tahu siklus air dibawah ini.



Air ini merupakan “darahnya” permukaan dan atmosfer bumi. Dengan air inilah bumi ini hidup dan menghidupkan. Air akan terus mengalir. Air akan terus berputar.

Bentuk fisik air bisa berubah. Air menjadi cairan sebagai air, menjadi padatan sebagai es, dan menjadi gas sebagai upa air (awan).

Salah satu pengontrol siklus ini tentusaja suhu. Itulah sebabnya prakiraan suhu yang dibuat oleh NOAA diatas dapat dipakai untuk memperkirakan curah hujan serta prakiraan cuaca.

Prakiraan hujan 2009 di Indonesia.

Seperti kita tahu bahwa hujan merupakan proses siklus air karena air laut yang menguap membentuk awan.

Suhu air laut yangdiperkirakan sangat tinggi diatas itulah yang menyebabkan penguapan air laut menjadi sangat tinggi. Penguapan air laut yang membuat awan inilah yang menyebabkan curah hujan di Indonesia sangat tinggi.



Prakiraan hujan yang dibuat oleh Badan Meteorologi dan Geofisika Indonesia memperlihatkan bahwa bulan Februari 2009, Indonesia masih akan mengalami hujan besar. Curah hujan tinggi terutama terjadi di tempat-tempat dibagian selatan garis katulistiwa terutama di sebagian besar Pulau Jawa.

Yang abnormal tinggi sangat perlu diawasi.

Kalau dibandingkan 30 tahun sebelumnya, curah hujan di beberapa tempat (terutama Jawa Barat) masuk dalam kategori diatas normal.

Perkiraan diatas normal inilah yang perlu diwaspadai, karena mungkin curah hujan yang terjadi bisa tidak disangka-sangka.



Sejak dulu manusia memang perlu mengamati sesuai dengan pengalamannya. Manusia tidak boleh melupakan sejarahnya. Kalau kata orang Jawa “niteni, atau ilmu titen”. Namun saat ini manusia diberi akal dan pikiran untuk bisa melakukan prediksi. Walaupun prediksi itu bisa saja salah, namun dengan adanya prediksi ini manusia harus lebih cerdas dalam mengarungi kehidupannya.

sumber: http://rovicky.wordpress.com/2009/02...jir/#more-2437

0 comments:

Post a Comment