Sunday, May 10, 2009

Vegetarian sebagai salah satu langkah paling effektif untuk mencegah global warming

Global warming adalah tantangan terbesar untuk manusia saat ini. Di era globalisasi ini, sangat sulit apabila kita mengubah gaya hidup dari menggunakan kendaraan bermotor menjadi bersepeda, mengganti kertas tissu dengan kain saputangan, tidak menggunakan plastik atau mengurangi penggunaan energi listrik per hari. Langkah yang paling mudah adalah dengan cara mengubah porsi makan sehari-hari menjadi vegetarian.

Mengapa vegetarian?

Metana adalah gas rumah kaca terpenting selain CO2. Metana 21 kali lipat lebih berbahaya dibandingkan gas CO2 dan sumbangannya terhadap pemanasan global adalah sama besarnya dengan dampak dari jumlah gas-gas bukan CO2 lainnya. Di era globalisasi ini, peningkatan emisi CO2 adalah sebesar 31%, sedangkan peningkatan emisi gas metana hampir sebesar dua kali lipat. Prioritas yang utama dalam upaya pencegahan global warming adalah mengurangi emisi metana.

Penyumbang emisi terbesar adalah industri peternakan yang menyumbang emisi metana sebesar 100 juta ton per tahun. Permasalahan ini bertambah parah setiap tahunnya karena permintaan daging terus meningkat. Dalam 5 tahun terakhir, permintaan daging meningkat sebesar 5 kali lipat. Dengan mengurangi atau tidak mengkonsumsi daging sama sekali maka kita telah menyumbang peranan besar dalam upaya mengurangi emisi gas metana.


link : http://forum.kompas.com/green-global-warming/17501-vegetarian-sebagai-salah-satu-langkah-paling-effektif-untuk-mencegah-global-warming.html

0 comments:

Post a Comment