Sunday, May 10, 2009

Vista 64 bit

Windows Vista 64-bit, Perlukah?

Sebenarnya sudah dari tahun kemarin saya memakai windows 64-bit ini, tetapi karena banyaknya pertanyaan dan banyak orang yang berkata 64-bit tidak bermanfaat untuk desktop maka saya terdorong untuk menulis artikel ini.

Apakah Keuntungan Windows 64-bit?

- 128 GB RAM Limitations

Saya sangat menyukai kelebihan yang ini, mengingat harga RAM yang semakin murah saat ini. Terlebih untuk DDR 3 sudah turun 50% harganya sejak tahun lalu. Kegunaan RAM sangat banyak sekali terutama untuk meningkatkan performa system, game, editing video dan process lainnya. Menurut saya pribadi, gunanya adalah memperkecil kemungkinan program hang / stopped working pada saat kondisi not responding. Ketika anda merender sesuatu dan program not responding, biarkan saja program tersebut bekerja. Not responding dalam keadaan seperti itu terjadi karena pengaturan waktu dari registry windows sehingga menampilkan close program tetapi program sebenarnya masih berjalan. Disinilah perannya, semakin besar RAM anda semakin cepat not responding itu akan berakhir dan rendering berhasil dengan success.

- Increased Performance for 64-bit Programs

Program-program 64-bit akan berjalan lebih cepat daripada program 32-bit. Ini sudah jelas karena processnya sebesar 64 bit / s dibanding 32-bit / s. Bukan berarti Windows x64 tidak bisa menjalankan program 32-bit. Program 64-bit jika diinstall secara default akan masuk pada Program Files, program 32-bit akan masuk pada Program Files (x86).

- Enhanced Security Features
Fitur-fitur pada Windows Vista seperti Data Execution Prevention (DEP) dan Kernel Patch Protection akan lebih aman dalam Windows 64-bit dibandingkan dengan 32-bit.

Apakah Kekurangan Windows 64-bit?

- You Cannot Install 16-bit Applications

Cukup jelas disini, Windows 64-bit hanya bisa menjalankan program 32 & 64-bit saja. Program 16-bit tidak akan bisa dijalankan disini. Program 16-bit dirancang untuk Windows 3.11 dan Windows 95 15 tahun yang lalu. Windows 64-bit bukanlah sahabat bagi para pecinta game berbasiskan 16-bit (yang masih dimainkan lewat disket 3 1/2 floppy A).

- You Cannot Install 32-bit Drivers

Anda diharuskan menginstall driver 64-bit jika ingin menjalankan hardware anda. Pastikan driver yang terinstall pada Windows x64 hanyalah driver 64-bit. Ini akan menjadi masalah bagi yang memerlukan hardware-hardware lama yang sudah discontinued.

- Driver Signing is Mandatory

Bagian ini meyakinkan bahwa driver-driver anda sudah disertifikasi oleh Microsoft. Sertifikasi ini hanya memberikan keyakinan bahwa driver-driver yang hendak anda install sudah diuji kompatibilitasnya dari Microsoft.

Apa Yang Harus Anda Perhatikan Ketika Menginstall Windows 64-bit?

- Device Drivers

Seperti yang telah dijelaskan diatas, pastikan driver-driver anda 64-bit, mulai dari chipset, audio, Wi-Fi, display adapter, access point, raid, printer, scanner, etc.

- Incompatible Applications

Walaupun Windows 64-bit dapat menjalankan aplikasi 32-bit. Tetap ada beberapa aplikasi 32-bit yang tidak compatible. Dari pengalaman pribadi saya, saya belum menemukan aplikasi 32-bit yang tidak compatible tersebut. Tetapi jika ada, dapat dengan mudah dicari aplikasi sejenis yang dapat menggantikan aplikasi tersebut.
Anda dapat melihat aplikasi-aplikasi yang compatible dengan Windows 64-bit langsung dari situs Microsoft : http://www.microsoft.com/windows/compatibility/


Pengalaman Saya Ketika Memakai Windows Vista Ultimate 64-bit.

- Kecepatan System Meningkat

Saya pernah mencoba benchmark antara Windows Vista Ultimate 64-bit dengan Windows Vista Ultimate 32-bit. Skor untuk 64-bit adalah 10600, sedangkan untuk 32, bit adalah 9500.

- Kaspersky Internet Security

Saya menggunakan Kaspersky Internet Security untuk antivirus Windows 64-bit dan saya menemukan proactive defense dalam Kaspersky ternyata tidak compatible pada Windows Vista 64-bit. Sebaiknya matikan Proactive Defense ini, walaupun dimatikan tidak akan menambah resiko keamanan.

Windows Vista 64-bit Pantaskah Digunakan?

Jawabannya adalah “Ya!”. Anda hanya perlu mengorbankan sedikit waktu untuk mencari driver 64-bit untuk hardware anda dan mengganti satu atau dua program 32-bit yang tidak compatible.
Pertama adalah anda tidak dibatasi lagi dengan 3,25 GB of RAM dan bisa menginstall 128 GB RAM pada Server atau pada Desktop (ketika Intel Beckton release ). Yang terpenting adalah anda mendapatkan kecepatan dan keamanan yang lebih baik dari Windows 32-bit(Andy/Fus).

NOTE : Anda tidak dapat melakukan upgrade dari Windows 32-bit ke Windows 64-bit. Anda harus melakukan Clean Install untuk menggunakan Windows 64-bit.

0 comments:

Post a Comment