Tuesday, February 24, 2009

[love story]Jgn pernah sebut Aku Iga...

Namaku arie. aku kuliah di sebuah universitas swasta di kota jogjakarta. Aku mengambil kuliah jurusan Manajemen. Dengan modal nekat dan ijasah SMU, aku pergi dari kampung halamanku di sumatra ke kota jogja untuk masuk kuliah tsb. Orang tua ku sempat khawatir dgn aku, karna disana aku belum tau tentang seluk beluk kota jogja, dan tanpa sanak keluarga. Tapi aku berhasil menyakinkan meraka, Aku laki2 yg suatu saat harus pergi dr rumah, ibu dan bapak doakan saja setiap langkah anak mu ini. Pesan dan petuah orang tuaku melepas kepergianku, menjadikan diriku mantap melangkahkan kaki di kota yg berjuluk kota pelajar itu.

Juli tahun 2000, aku mendaftar ke universitas negeri, tapi ternyata aku tidak lulus ujian. Lalu aku mendaftar di universitas swasta yg sekarang menjadi tempat kuliahku. Di kampus tersebut, dimulailah awal cerita yg menjadi bagian dalam hidupku yg tak mungkin aku lupakan. Astini Jingga mawardhi... sosok wanita pertama dan teman pertama yg aku kenal.
Kita bertemu di tempat pendaftaran mahasiswa baru, dia terlihat bingung waktu itu. Tanpa canggung dia bertanya kepadaku.
"Maaf.. mas tau tempat daftar ulang MABA?"
aku menunjuk ke sebuah gedung " disitu... nanti ada tulisannya kok. dan juga banyak yg antri " jawabku. " Maksih ya mas..."
AKu hanya mengangukkan kepala.

Setelah urusan daftar ulang selesai, aku berniat pulang ke kostku. lumayan jauh dr kampus, dan itu harus ditempuh dengan Bus. lagi enak-enaknya duduk, terdengar suara di belakangku.
"Loh.. masnya MABA juga ya?" "iya"... lalu dia duduk disampingku, kita berbicara tentang SMU kita, Asal dan macam-macam.
Lalu dia mengenal kan dirinya, "Oh iya sampe lupa, kenalin mas... aku Iga. kayak nama cowo ya" dengan senyum aku menjawab" arie, pantas lah nama kamu iga, abisnya km emang tomboy gitu," Candaku.
dia pun tertawa...

Oh iya.... Iga diterima di kampus yg sama dengan ku. Dia di akuntansi dan aku manajemen. Beda jurusan tapi satu Fakultas. Dia indekost tidak jauh dr kost ku. kita sering pulang dan berangkat kuliah bersama, biasa naik Angkot. Iga.. nama yg lucu bagiku. anaknya yg ceria, supel, dan mudah bergaul. Dan yg paling lucu,kalo dia berbicara dalam bahsa indonesia, medok banget. Dia berasal dr kota Cilacap.

1 tahun berlalu... tepat bulan agustus 2001. Aku dan iga menjadi panitia OSPEK untuk para mahasiwa baru. Disitu aku br benar2 merasa mengenal dia seutuhnya, karna selama 1 minggu aku dan iga selalu bersama. Anaknya cuek, dan kalo dibilang sangat cuek. Ada yg bilang Iga kayak gak punya Puser aja. APa nda punya capek itu...
Dia hanya bilang, Mumpung masih diberi kekuatan sama yg diatas.

Malam inagurasi Mahasiswa baru akan diadakan malam nanti, Iga mendekati aku yg sedang sibuk menata balok-balok kayu untuk api unggun nanti malam.
Iga:" rie... Kamu bisa main gitar?"
arie: hmm... tapi gak jago-jago amat sih. emang knp ga?
Iga: rencananya seh, untuk ngisi acara nanti malam. aku pengen baca puisi. Nah kamu sebagai pengiring nya. biar terksan gimana gitu...
aRie: Oh... boleh-boleh.
Iga: Sep.. tq be4 ya ri... kamu baik bgt.. hauauhau.
Oh iya. Kamu bisa kan KAngen lagunya Dewa19?
aRie: bisa. km minta diiringi make lagu itu?
Iga: Yup... ok ya rie. aku balik posko dulu. biasa seksi konsumsi.
aRie: ok... sampe nanti ya ga.

PUKUL 19.30 WIB..
Pembawa acara memanggil aku dan iga untuk mempersembahkan hiburan untuk adik2 tingkat kita.
Iga: Buat teman-teman sekalian.. Malam ini adalah malam inagurasi. Buat adek-adek tingkat, malam ini adalah malam dimana kakak ini semua meminta maaf kpd kalian. Karna selama OSPEK, kalian mungkin menerima cacian,disuruh-suruh,atau bahkan di ejek. Hal itu bukan karna kakak semuanya benci sama kalian. Karna itu hanya ujian, untuk menguji mental dan kesetiakawan kalian. kakak2 dulu juga merasakan apa yg seperti kalian rasakan. Ok.. malam ini saya akan membacakan sebuah puisi yang saya tulis sendiri.

Judul Nya. awan Jingga

Disana aku melihat sosok cahaya.. putih dan lembut
Disetiap malam dan mimpiku,
Cahaya itu selalu hadir dalam bayang-bayangku.
Terkadang,,, aku merasa takut dan sedih.

Namun, sosok malaikat yg berjubah putih
Menyambutku dgn penuh kasih dan damai...
Hembusan angin dan bunyi suara hujan
Akankah kudengar disaat aku pergi bersama awan putih....

Saat senja menjemput sang malam
Terlihat indah....
Mentari dan bunyi suara kokok ayam dipagi hari..
Awan yg berwarna jingga..
INdah...
Indah sekali....

Dunia... Cinta.. dan kasih sayang
tetaplah abadi bersama ku.
Jiwa dan ragaku akan pergi jauh.
Tapi cintaku akan selalu hadir dalam setiap langkahmu


terimaksih....
suara tepukan sangat meriah malam itu. aku lihat iga meneteskan air mata saat membacakan puisi karangannya. Walapun sebenarnya aku gak tau apa-apa tentang sastra ataupun puisi. aku pun ikut bertepuk tangan.
Lalu iga duduk disampingku. acara api unggun dimulai.. suasana ramai dan bersorak sorak. iga pun ikut bernyayi sambilm bertepuk tangan.
Iga: Rie.. kok diem aja knp? sakit?
aRie: eh.. gak, ia seh agak kecapekan aku. td angkat2 balok itu lumayan capeknya.
Iga: mau aku pijitin? hhihihih
aRie: wee,, gak lah. nanti juga ilang.
Iga: Bagus nggak rie td puisiku?
aRie: Bagus.... suer
Iga: Makasih rie....


PUKUL 22.15 WIB
Acara inagurasi sudah selesai. Kami pulang ke rumah masing masing. "Rie kita jalan aja yuk. aku pengen iseng nih liat bintang". kata iga.
"Boleh" jawabku.
Iga: SIni aku yg bawa gitar nya...
aRie: gak usah aku aja. sante aja lah ga.
Iga: Rie.. kapan- kapan ajari aku main gitar dunk. pelit amat.
aRie: Lah.. kapan km mintanya. ia.. besok ok?
Iga: Yess.. tq ya rie.

Tanpa kita sadari, kami berdua sampae di pertigaan jalan yg memisahkan langkah kita berdua.
Iga: Riee.. duluan ya. Ati-ati dijalan.
aRie: Ok.. km juga, sampai ketemu besok dikampus.
Iga: Yup...


Aku lihat Iga masuk melewati gang yg menuju tempat dia kost. sebuah bangunan bertingkat yg merupakan indekost putri. setelah dia sampai di pintu gerbang. dia menoleh ke arahku. aku jd malu, karna ketahuan dia kalo aku lg memperhatikannya.
Iga melambaikan tangan, aku membalas lambain tangan iga.

AKu melanjutkan langkahku menuju kostku. Akhirnya sampai juga..
Dasar Iga... dr condong catur ke Gejayan jalan kaki. malam-malam pula.
setelah menaruh barang-barang bawaanku, aku merebahkan diriku ditempat tidur. Rasanya capek.... banget.
tapi aneh, mataku gak bisa aku pejamkan. apa aku jatuh cinta ya sama Iga?...
Ah... itu gak mungkin. Dia sahabatku. aku gak mau merusak tali persahabatan ini. ia kalo dia juga suka sama aku. kalo dia menggangp aku cuma teman?? ah... malah bisa rusak hubunganku sama dia.

Berkecamuk pikiran di otakku...
Aku paksakan untuk memejamkan mata tapi tetp aja gak bisa. aku merasakan hal yg aneh. Gak seperti biasanya aku selalu membayangkan Iga. dan rasa yg aneh dalam benakku. semacam rasa khawatir.

Ah... ini cuma pikiranku aja. elakku dalam hati. aku menghidupkan kompter di kamar kostku. Sambil mendengar lagunya yg mucl dr winamp.
Kurebahkan diriku, tanpa kusadari aku sudah terlelap.


AGUSTUS 12'2001; 06.45WIB
ariie.... arie....
terdengar suara pintu kamarku diketuk dan memangil manggil namaku. aku tau itu suara ibu kostku. ibu Halimah namanya. orangnya baik banget... sampai aku anggap dia ibuku sendiri.
AKu bangun dan membuka pintu kamarku.
arie: Ada apa bu? kok bangunin arie.
Halimah: Tadi si sari... nelpon kesini.
arie: Sari...?? oh dia. knp emang?
Halimah: dia tadi bilang ke ibu, kamu kalo sudah bangun suruh ke rumah sakit sardjito.
arie: loh emang sapa yg sakit? sari sakit?
Halimah: nda tau... dia cuma bilang gitu. yawes ya.. ibu mau beres-bers buat sarapan pagi.
arie: makasih bu.

Sari adalah teman satu jurusan denganku di manajemen. Sari satu indekost dengan Iga. Knp ya sari nyuruh aku ke rumah sakit...
aneh.. pikirku.

setelah mandi aku berangkat menuju rumah sakit sardjito. 15mnt aku sudah sampai disana. Aku menanyakan ke perawat jaga.
arie: Mbak ada pasien yg namanya sari?
perawat: oh.. bentar ya mas, saya cari.
arie: maksih mbak.

sambil menunggu perawat mencari daftar nama pasien. aku berbalik sambil melihat ke koridor rumah sakit itu. aku lihat ada Mbak ine dan sari.
Mbak ine juga teman satu kost iga dan sari. cuma dia lebih tua dr kita. lalu aku bilang ke perwat jaga. " Mbak makasih.. itu aku dah lihat temenku disana. maaf ya ngerepotin .'
Perawat: gpp mas, silahkan

aku menghampiri sari dan mbak ine.
arie: loh katanya kamu yg sakit.
buktinya km gak papa gitu..

Mbak ine dan sari hanya menatap mukaku.
Mbak ine: bukan sari yg sakit. tapi Iga.
arie: Hah..!! iga? bukanya dia baik2 aja. aku sama dia kok td malam.
masih pulang jalan berdua ke kost-kostsan.
Sari: ia.. td malam ps nyampe kost dia ngeluh ke aku. katanya kepalanya pusing banget. terus aku saranin dia istirahat. tp dianya ngotot mo mandi dulu. gerah katanya. pas di kamar mandi itu aku denger suara, aku lihat ternyata Iga pingsan.
arie: astaga... dia dimana sekarang?
Mbak ine: Tar rie.. dia lg di Chek up sama dokter.
Kita aja disuruh nunggu dr td disni. Tar sore orang tuanya Iga datang dr cilacap. aku dah telpon.
Arie: ya udah.. br mo tanya begitu aku.
Mbak ine: ya dah kalian tunggu sini ya. Mbak ada kuliah jam 1 nanti. tha ari...

aku senyum aja melihat kecentilan mbka Ine.
aku dan sari menunggu di luar kamar dimana Iga dirawat. perasaanku gelisah banget.. seperrti td malam.
tak lama kemudian, dokter yg memeriksa Iga. aku datang menghampirinya.
arie: Dok.. gimana keadaan teman saya?
Dokter: dia lagi istirahat. biarkan dia istirahat. dia kecapekan banget itu.
Oh iya, orang tua nya mana?
arie: nanti sore sampai sini dok. lagi dalam perjalanan.
Dokter: oh... nanti kalau orangtuanya sudah sampai, suruh nemui saya ya. dr. Hilman. mari..
arie: makasih dokter.

Aku dan sari mengintip dr pintu. naps bantu oksigen dan selang infus menempel di tubuh iga. Iga yg ceria dan gak kenal capek itu tertidur pulas di tempat tidur. Wajahnya pucat sekali.....

PUKUL 15.12WIB
orang tua Iga sampai di jogja. AKu menemui mereka.
Ayah Iga: Kalian temannya Iga?
Arie dan sari: iya om..
arie: kami temen satu kampusnya, walaupun beda jurusan
Ayah Iga: Oh...
Ibu Iga: Sapa nama kalian?
arie: saya arie bu, dan ini sari temen kostnya iga.
Ibu Iga: Oh kamu toh yg namanya arie. dia sering cerita tentang km sama ibu.
arie: ah masa bu.... hmm asal jgn yg jelek2 aja. candaku
Ibu Iga: Gak.. dia cerita yg baik2 kok.
arie: Oh ia.. bapak dan Ibu disuruh menemui dr.Hilman.
Ayah dan Ibu Iga: ok.. maksih ya dah jagain Iga. kami kesana dulu.

Aku melihat, oarang tau Iga terlihat santai sekali.... beda dgn aku yg merasa was-was sekali.

13 Agustus 2001; 01.30 WIB
AKu terbangun dr tidurku di kursi depan kamar IGa. Aku melihat Ibu Iga menangis, dan dokter hilman sibuk memeriksa keadaan Iga.
Aku menghampiri orang tua Iga.
arie: ada apa bu?
Ayah Iga: Iga mengalami pendaharan otak.

AKu terasa dihantam balok kayu mendengar ucapan ayah iga barusan.
aku dan orang tua iga disuruh menunggu diluar oleh dr,Hilman.
Ibu iga masih menangis di sandaran bahu ayah iga.
Aku pun ikut meraskan kesedihan yg mereka rasakan.
Ayah Iga: arie.... kalo ada apa-apa dgn Iga, kita harus ikhlas ya.
arie: ap..pa maksudnya om?.. emang iga knp?
ayah iga: dr SMU iga sudah mengalami kanker Otak. dia suka mengeluh pusing-pusing. awalnya om kira pusing-pusing biasa. Tapi pd waktu jam olahraga, dia pingsan. Dan dokter yg memeriksanya mengatakan, kalo Iga positif kena kanker otak.

Aku gak bisa berbicara sepatah kata. aku menunduk lesu. Iga... kamu harus tetap bertahan hidup ga.... kamu pasti kuat.

suara pintu di buka..
dokter hilman memanggil kami.
Aku tak kuasa melihat keadaan Iga....

ibunya memgang erat tangan Iga. doketr Hilamn memanggil ayah Iga.
entah apa yg mereka bicarakan. lalu ayah iga memeluk tubuh istrinya.
Ma... sabar ya...
Semua ini milik alloh.
Kalo Alloh sudah meminta, kita harus iklhas...
sabar ya ma..

Aku mendekatkan diri ke arah tempat tidur.
Om... bagaiamna keaddan iga.??
Ayah iga hanya bisu.
Aku memegang tangan kanan iga.
GA..
ada arie disini, kamu kan bilang kalo hari ini mau belajar gitar sama ari.
Ga.. bangun donk.
ada arie ini....

tapi kebisuan yang aku dapatkan.....
tubuh iga tetap bisu...
tangan iga yg hangat berangsur-angusr dingin...

ibu iga pun menangis....
IGaaa.........
BAngunnn....
teriakku ...
IGA...........

=======================================

Pagi itu juga Jenazah Iga di bawa ke cilacap. aku, sari dan mbak Ine ikut mengantar jenazah Iga.


Satu minggu kematian Iga, Aku dan sari membereskan kamar Iga,
ada sebuah kotak di dalam lemari bajunya, entah kenapa aku ingin sekali membuka kotak itu.
Aku lalu membuka kota itu, ada sebuah buku diary didalamnya.
Disampul Depan di tulis Jangan Sebut aku Iga.
Halaman pertama aku buka:

hihiihihi... hai diari, Km adalah teman pertamaku di jogja. Hari ini aku kenal dgn cowo, namanya arie. Cool banget, nda banyak bicara...
Moga-moga ari sama Iga bisa temenan sampe iga pergi meninggalkan arie.



aku lalu menutup buku diari itu, aku tak kuasa membacanya, sari melihat kearahku. aku tertunduk, tak kusadari, air mataku menetes. halaman demi ahalamn aku baca, isinya tentang diriku.
di halaman terkahir dia menulis:

Diari..... arie bilang kalo aku gak cocok di panggil IGA.
harusnya Mawar atau asti atau tini. biar kelihatan wanita.
Ah... jd sebel. Tp gpp kok, iga janji bakal jd wanita dalam idup arie.

Ah.. diari, arie udah punya cewe belum ya?..
tapi kayaknya udah kali ya. Semoga arie mendapatkan wanita yg baik. karna.. arie baekkkkk banget.
Diari.... kalo iga sudah gak ada.....
Kamu simpan ya rahasia ini.
biar aku dan kamu yg tau perasaan ku tentang arie.

arie... have a nice days
Iga sayang kamu......








IGa.... semoga kamu tenang di alam sana...
Doa ku selalu bersamamu....
Aku juga sayang kamu Iga..




Sumber : Forum

0 comments:

Post a Comment