Tuesday, February 24, 2009

[love story]Rina.... Aku Minta maaf

Aku dibesarkan di sebuah kota dgn nama kota METRO. sebuah nama kota di lampung. setelah lulus SD orang tuaku pindah tugas di sebuah desa, aku samarkan desa X. kami pindah semua ke desa tsb. awalnya aku marah, jengkel, dongkol, dsbg nya. karna pd saat itu aku berpikir, temenku kan disini semua... mana daerahnya sepi, dll alasannya. Tapi orang tuaku bilang " Rie... kalo bisa teman itu dimana mana, awalnya mungkin akan susah, tapi lama-lama pasti km bakal dapat temen juga.

Aku di masukin di SMP N1. sekolah favorit di desa itu. Awal masuk canggung bgt.... dulu berangan-angan, kalo SMP mau bareng-baareng sama temen-temen SD. tapi kenyataan berbalik dr hayalanku. Hari pertama nothing spesial bagiku. aku hanya duduk di kelas... mau berkenalan malu, seribu alasan yg membuat aku hanya terdiam di dalam kelas.

Usai sekolah aku langsung pulang ke rumah, Ibuku bertanya kpdku.
Ibu: Gmn sekolahnya? dah dpt temen br belum?
arie: biasa aja. Belom dapat.... tar2 juga dapat jawabku. mengulang kata-kata ayahku.
Hari ini hari kedua di sekolah, karna masih awal2 sekolah, dikelas tidak ada pelajaran selama 1 minggu. Bel tanda masuk berbunyi..
Aku memasuki ruang kelas, didalam kelas sudah berada sosok guru di hadapanku.

Ibu Ani: Silahkan masuk anak-anak.

Sapaan dan suruhan ibu ani ke kami,setelah anak2 duduk ditempatnya masing, Ibu ani membuka pembicaraannya.
Ibu Ani: Selamat datang di SMP N1 ini. kalian sekarang sudah memasuki sekolah lanjutan tingkat pertama setelah SD. Sebelumnya perkenalkan nama ibu. Nama Ibu Andriani Puspitasari.Spd, biasa dipanggil Ibu "ANI".
saya disini sebagai wali kelas kalian. Nah... karna ibu sudah memperkenalkan nama ibu, skrg gantian kalian yg memperkenalkan diri.
Kalian mungkin berbeda kan SDnya, nah biar sama-sama kenal dgn temen satu kelasnya. Ok... dimulai dr meja paling kanan berurut sampai belakang.

Akhirnya kami satu kelas memperkenalkan nama,alamat rumah dan Asal SD kita. akhirnya aku dapat mengetahui nama2 temanku satu kelas tanpa harus berkenalan dgn mereka secara satu2 pikirku.

Setelah acara perkenalan selesai.ibu ani berbicara.
Ibu ANi: Nah sekarang sudah kenal kan semua? lama-lama juga akan hafal. Oh ia, kita langsung bentuk kepengurusan kelas ya.... biar hari senin depan kelas kita sudah ada pengurusnya. Ibu pilih sekarang voting atau ibu tunjuk?

Murid menjawab: Tunjuk aja bu.. biar cepat.
Ibu ANi: Oke kalo gitu.... sekarang ibu tulis ya, Ketua kelas,Wakil Ketua, Bendahara kelas,wakilBendahara,Sekretaris,dan Wk sekretaris.
Ibu mulai tunjuk dr jabatan pertama. Yg ibu tunjuk harus bersedia ya? karna belajar berorganisasi. Hmm... ketua kelasnya.. itu yg duduk di belakang Santi.

Deg.... aku kaget melihat ibu ani menunjuk ke arahku.
arie: saya bu??
Ibu ANi: ia kamu, km ya ketuanya?
arie:hm.. baik bu. jawabku
Ibu ani: bagus, itu namanya belajar tanggung jawab.

Ibu Ani mulai menunjuk satu persatu yg menduduki jabatan dalm kepengurusan Kelas. Pas ibu ani menunjuk ke arah seorang siswi bernama RINA, aku tak sengaja menengok ke belakang. dia duduk tepat dibelakangku.
Ibu Ani: Belakang arie.. itu hmm... sapa ya.. RIna benr gak?
Rina: ia bu. jawab rina
Ibu Ani: rina jadi sekretaris ya?
Rina: baik..

Akhrinya acara pemilihan pengurus kelas selesai sudah. kami dipersilahkan pulang, sebelum pulang Ibu Ani memberikan tugas kepada pengurus kelas agar membuat Daftar piket,Jadwal Pelajaran, dan Gambar struktur Pengurus. Agar terlihat rapi dibuatnya di variasi.. pokonya terserah kalian asal bagus aja. pesan Ibu ani kpd ku.

Ibu ANi: Oh ia anak-anak, ibu sampai lupa, pelajran dimulai aktif hari senin, hari ini sampai sabtu acara bersih2 sekolah dan penataan kelas masing. Semua tugas saya sdh kasih ke ketua kelas kalian. terima kasih asalamualaikum...

Murid: Walaikum salam bu...


AKu mengambil kertas yg Ibu ani berikan kepadaku, Lalu aku berjalan ke luar kelas untuk langsung pulang kerumah...
Tapi tiba tiba... ada suara yg memanggilku. ARIE... tunggu
aku menghentikan langkahku,kutengok kebelakang.
arie: Oh kamu rin. ada apa?
Rina: itu td tugasnya mau km kerjain sendiri? mendeng dirapatin dulu sama pengurus yg lain. tuh Sulis sama Anwar nunguin, mereka ngajak rapat masalh td.
arie: Oh..ia. maaf. yuk.. ajakku

Anwar adalah wakil ketua kelas,Sulis adalah bendahara kelas, dan rina adalah sekretaris. 20 mnt akhirnya keputusan rapat sudah menemui titik sepakat. kita janjian untuk menarik iuran kelas dan rencana pembuatannya adalah besok setelah pulang sekolah.dirumah rina.

--------
Setelah acara bersih-bersih lingkungan sekolahan dan kelas, kami dipersilahkan untuk pulang. aku, anwar, sulis dan rina berangkat ke pasar untuk membeli peralatan membuat tugas yg diberikan Ibu ANi.
Setelah selesai dr pasar, km langsung menuju ke rumah rina.
RIna: Rumahku jelek loh... nanti jgn dihina yah.
Rina membuka pembicaraan saat akan mencapai rumahnya.
Rina: Itu rumahku, yuk.....
rina meppersilahkan kami masuk ke rumahnya. Didalam rumah ada orang tua Rina yg menyambut kami.
Ibu Rina: masri-mari silahkan masuk, teman-teman sekelas rina ya?
Kami mejawab ia tante.
Ibu rina: Kalian mau membuat apa itu?
RIna: ini mau buat daftar piket sama pelajaran. disuruh wali kelas. Bu buatin makan siang buat temen2 rina dunk. rina juga laper ini..
Ibu Rina: oh ia... sebentar ya.

Ibu rina bergegas ke dapur, sebelum membuat tugas kami disuguhi makan siang oleh Ibunya rina. Jam 4 sore tugas selesai dibuat.
Rina: Rie... ini km atau aku yg bawa?
arie: Aku boleh km juga gpp
Rina: ya udah aku yg bawa aja.
arie: ok. kami permisi pulang dulu ya rin. Bilang terima kasih sama ortumu makan siangnya. hihihi
RIna: oke.. ati ati ya temen2. sampai besok disekolah.

Kami bertiga pulang kerumah masing2.
Ternyata rumah ku dgn rumah rina tidak seberapa jauh, hanya beda RT saja. kira-kira 500m.
_____
Aku sekolah naik sepeda BMX hadiah papaku waktu kelulsan SD. Pagi itu aku berangkat melewati rumah rina. Sekolah kami lumayan jauh,2km.
Ketika melewati rumah rina, rina duduk di depan pagar rumahnya. aku berhenti mengayuh sepedaku.
arie: Loh rin, gak sekolah tanyaku?
RIna:Eh arie.. itu lagi nunggu papa ngeluarin Mobil. Arie mau bareng rina?
arie: gak deh, aku naik sepeda aja.sekalian olahraga.

belum selesai aku menjawab pertanyaan rina, Papa rina muncul.
Papa RIna: Rin itu temen kamu di ajak bareng aja. sepedanya dititpkan sini aja.
arie: gak om makasih...
Rina: ayo rie.. bareng aja. tar baliknya rame2 jalan kaki sama anak2. kamu kan anak baru. biar banyak temen.

pikirku bener juga, akhirnya aku berangkat bersama rina diantarkan oleh papanya.

Lama kelamaan kami akhirnya menjadi teman akrab. Anwar,Sulis, dan rina dan aku. setiap pulang sekolah selalu bersama. di Kelas 2 pun kami masih sekelas. Tapi setelah kelas tiga, kami tidak sekelas lagi...
Rina di kelas 3B,Anwar dan aku di kelas 3A sedangkan sulis di kelas 3D.
Walaupun beda kelas, setiap jam istirahat kamu selalu bersama-sama pergi ke kantin.

1bulan lagi EBTANAS pikirku. Orang tuaku menyuruh aku untuk melanjutkan SMU ku di kota kelahiranku, METRO. metro merupakan kota kabupaten. dan aku di sebuah desa. jaraknya kira-kira 40km.
Ibu: arie.. nanti km SMU di metro aja. sekalian ama Om indra disana.

aku mengiyakan, senang rasanya ketemu kawan lama waktu SD pikirku saat itu. Setelah EBTANAS selesai, kami sibuk untuk membuat acara perpisahan.
RIna dan sulis mengajak aku untuk menemui bapak kepala sekolah tentang rencana acara perpisahan. Bapak kepalsa sekolah menyerahkan keputusan di tangan kami, pesannya: Buat acara yg berkessan bagi kalian dan guru-guru kalian.

Lalu kami bertiga mengutarakan niat kami dengan para ketua kelas. Kelas 3 ada 6 ruang, mulai dr A samapi F. keputusan rapt yaitu, acara perpisahan diadakan hari minggu jam 7 sampai dgn selesai. acaranya band sekolah dan atraksi lainnya dr adik2 kelas.
________
hari ini hari sabtu.
Aku pulang hanya berdua dgn rina. Anwar dan sulis sudah pulang duluan.
Rina: gak biasanya sulis sama anwar pulang gak bilang2.
arie: ia.. mungkin td buru2 kali.
Rina: hmmm bisa aja. Oh ia rie.. setelah ini km sekolah kmn?
arie: aku mau daftar SMU1 metro. kl km?
RIna: gak tau.. liat NEM ku dulu. takutnya kecil..
arie: gak lah.. pasti nilai km besar. aku yakin kok, soalnya km kan pinter.
Rina: wee ngejek nih, ia-ia yg masuk kelas 3A. jd sombong
arie: we,,, kok bilang gitu. 3a atau 3B sama aja perasaan ku. km aja yg ngerasa membedakan kali.
RIna hanya tersenyum mendengar perkataaan ku.

RIna: hmm.. rie, gak kerasa ya sudah 3tahun kita berteman. kayaknya br kemaren kita kenal. Lucu juga kalo inget km dulu. Culun abiss... sok cool lagi.
arie: we... jahatnya nilai aku begitu. wajarlah namanya anak baru. sekarang gak malu lagi kan?
RIna: ia.. tapi malu maluin.
arie:sialan..... awas kamu..
rina berlari setelah meledek aku.

rina: ampun riee,,, hihihi becanda2.
Uh... rina menarik nafas setalh kami berdua berlari.
Rina: rie, kapan ya bisa jalan kayak gini lagi. km sekolah di metro. aku? gak tau kemana.... km kl dah di metro kirim2 surat ya.
arie: iya lah. ngapain kirim2 surat. setiap hari sabtu sore pasti balik kesini.
RIna: hiihih ia juga yah.

_______
Lucu juga rina saat itu. setelah sampai dirumah aku tiduran di kamarku.
aku ingat kata-kata papaku," Suatu saat nanti km pasti dapat teman baru kok, awal-awalnya emang sulit."
Ternyata benar, disini aku merasa mempunyai teman seperti waktu SD. becanda, bermain, belajar bersama dll. Jd sedih kalo harus berpisah sama mereka. pikirku......
________
Setelah penerimaan Ijasah SMP, aku pergi kemetro untuk medaftar sekolah SMU disana. akuditerima di SMUN1 METRO. dan tinggal sama omku,om indra.
setelah aku diterima masuk SMU, aku pulang ke desa X untuk memberi tahu orang tuaku. kalo aku diterima di SMUN1.
______
2jam perjalanan dr metro ke desa X, setelah sampai aku berniat mampir ke rumah rina. karna rumah rina sejlan dgn arah ke rumahku. aku pencet2 bel rumahnya. tapi tidak ada sahutan. 10m aku berdiri di depan pagar, aku pikir mungkin rina dan keluarga sedang pergi. lalu aku melanjutkan perjalan ke arah rumahku.
sampainya dirumah kedua orang tuaku menyambutku. aku membr tahukan kalo aku diterima di SMUN1.
Ibu: Oh ia rie.. ini ada surat dr rina. dia kasih ke mama 3hari lalu. dia bilang minta tolong kasih ke kamu kalo km pulang.
aku menerima amplop berisi surat dr rina.
aku baca surat tsb.

Buat arie..
Rie.. maaf ya kalo rina pamitan ke ari lewat surat. RIna datang kerumah kamu, tp ternyata km belum pulang dr metro. Aku dan keluargaku pindah ke jakarta. Papaku ditugaskan disana.
OH ia rie..
gimana? diterima di SMUN1 kan? selamat ya....
Doain Rina juga, semoga dapat SMU yg bagus. Kamu rajin2 belajar ya.
Dan jgn lupa sholat. satu lagi.... jgn lupain temen kamu ini. catat namanya dalam ingatan kamu RINA.. heheheh

Ini aku kasih alamat rumah dan no telp ku, kalo kamu ada waktu kabari aku ya. boleh lewat surat atau talpon. Kamu kasih juga ya alamat sekolah kamu, sapa tau aku kangen ma kamu.. trus iseng deh kirim surat.
Gak papa kan rie?
Dah dulu ya rie....
Sampai ketemu lain waktu...
Jgn lupa kirim surat ke aku/telpon.



bye my friend

Rina..


Kulipat surat dr rina, aku melamun di dalam kamar. terasa ada yg hilang dalam pikiranku. Kebahagiaan yg dulu kedpatkan bersama rina hilang....
Kapan aku bisa ketemu lg sama dia ya......



-----------
aku tetap berhubungan dgn rina, melalui telpo atau surat, tak terasa sdh kels 3 SMU. sudah 2 minggu rina gak balas surat ku terakhir. biasanya 4hari setelah dapat suart dr aku dia pasti nelpon aku. untuk sekedar bilang, arie suratmu dah nyampe.
Aku memutuskan menghubungi rina lewat telpon.
ternyata rina masih di sekolah, dan belum pulang. Mbok inah yg menjawab telponku, aku hanya berpesan kalo arie td nelpon.

malam aku tunggu telpon dr rina...
tapi dia tidak menelpon balik ke aku. Apa mbok Inah gak menyampaikan ke rina pikirku...
ya udah deh besok aku telpon dia lagi pikrku.
paginya aku telpon dia, ternyata dia sdh berangkat ke sekolahnya.
_________
sumpah aku merasa ada yg hilang dalam diriku, gak tau itu apa...
kalo orang bilang masa indah adalah masa SMU. kalo aku boleh jawab, Masa indah adalah masa SMP bersama Rina. Falling in LOve kah aku?..
Gak mungkin jawabku.....
_________
hari ini..... hari terakhir di SMU, karna besok adalah hari pembagian ijazah. aku mencoba menelpon RIna kembali...tp ternyata tetep aja rina gak ada disana.
Malam harinya aku menelpon kembali. Yg mengakat ayah rina...
Lalu rina dipanggil oleh ayahnya.
RIna: Hai pa kabar rie...
suaranya datar.. gak seperti biasanya. aku jd merasa beda, sperti orang br kenal dan bingung mau bicara apa.
arie: Ba..ik rin. kamu sendiri gimana? kok suratku gak dibals..?
aku menayakan semuanya.
RIna hanya bisu dan gak menjawab sepatah kata pun.
arie: Rina.. ada apa? aku da salhkah ke kamu?
aku mendengar suara isak tangis disana, sprtinya rina sedang menangis. aku beranikan diri untuk bertanya.
Arie: Rin.. km nangis ya? ada masalh apa? biasanya km kalo setiap ada masalh cerita ke arie. skrg kok gak mau cerita, ada apa sih rin?
RIna: rie... km sayang gak sama RINA?

aku terkejut mendengar perkataan rina barusan,
arie: sebagai sahabt aku jelas sayang donk sama kamu. emang knp sih?
Rina: sahabat ya?... gpp kok rie..
aku takut mau jujur sama kamu, maafin rina ya rie....
Arie: Ya ampun rina... kapan sih arie marah sama km. sebagai teman kita harus saling terbuka rin, apalg sekarg kamu ada masalh. aku sebagi teman km harus membantu sebisa mungkin.
Rina: ia rie.... cuma aku bingung mau gimana ngomongnya ke kamu.
Rie..... rina sayang ma kamu.
arie: aku juga rin...
RIna: bukan sayang sebagi teman, aku mengagap km lebih dr sekedar teman rie. semenjak awal kita ketemu waktu smp, aku dah suka sama kamu. maafin rina ya rie, sudah menodai persahabatan kita.
arie: kalo boleh jujur rin, aku juga merasa kehilangn km. semenjak kita lulus smp, aku kangen kita jalan bareng, bermain bareng dan segalanya yg kita lakuin waktu SMP.

Rina terdiam di ujung sana.
Rina: RIe...
arie: ya....
setelah aku menjawab, rina kembali terdiam.
Rina: rie,,, km masih percaya perjodohan?
arie: gak tau rin, skrg kan dah jaman modern, bukan jaman siti nurbaya lagi.
Rina: ia.....
arie: trus knp..? kok pertanyaaan km semakin lama semakin aneh.
Rina: aku dijodohkan orang tuaku dgn anak teman kantor papaku. namanya YUDI.

astaga........ aku benar2 gak mampu mengucapkan sepatah kata pun.
RIna: rie.... knp kita gak mau saling jujur kalo kita saling sayang dan cinta.
aku gak bisa menjawab pertanyaan rina. aku hanya diam seribu bahsa. serasa ada jarum yg menusuk2 hatiku. AKu jujur kalo aku sayang sama rina. cinta.... dan segalanya. my first Love.
------------------------------------
aku lupakan segalanya tentang rina.....
sampai saat aku pergi ke kota jogja untuk melanjutkan kuliahku.



Sumber : Forum

0 comments:

Post a Comment