Saturday, February 14, 2009

kebakaran hutan di Australia

ImagePolisi Australia mengungkapkan, kebakaran gunung yang terjadi di sebelah tenggara Australia telah menyebabkan 96 orang meninggal. (Photo: EPA)


Di tenggara Australia terjadi kebakaran hutan yang terburuk dalam sejarah Australia, sekarang ini bukan saja kobaran api tidak mengecil, namun jumlah korban jiwa akibat kebakaran juga meningkat; Polisi Australia mengatakan, kebakaran yang paling serius terjadi di Negara Bagian Victoria (selanjutnya disebut Victoria), telah menyebabkan sedikitnya 96 orang tewas dan beberapa desa kecil sepenuhnya hancur, lebih dari 700 rumah terbakar habis, polisi menduga angka kematian akan naik terus. Perdana Menteri Australia Kevin Rudd menjelaskan bencana seperti sebuah "Api Penyucian".

Pekan lalu kebakaran hutan di Australia juga terus berkorbar di Victoria, lebih dari 100.000 hektar hutan yang terkena dampak, ini kebakaran hutan Victoria yang paling serius sejak Rabu terakhir.

Pihak berwajib Negara Bagian Victoria mulai mencari mayat orang-orang yang meninggal yang disebabkan oleh kebakaran hutan di hari Sabtu. Telah dikonfirmasi mayoritas orang yang meninggal terjadi di barat laut kota Melbourne, termasuk 6 orang yang meninggal dalam mobil kecil di kawasan Kinglake. Menurut informasi kebakaran hutan telah menyebabkan ratusan rumah hancur, di antaranya termasuk pos polisi di Marysville dan Kinglake. Polisi mengatakan mereka tidak tahu usia korban kebakaran, namun diuga beberapa dari mereka adalah anak-anak.

Setidaknya ada 600 rumah terbakar hancur di Victoria, dan 10.400 keluarga mengalami pemadaman listrik. Desa Marysville yang berpenduduk 500 orang terbakar rata dengan tanah. Penanggung jawab pemadam kebakaran setempat mengatakan, menurut berita terakhir, bahwa kota ini hanya sebuah rumah tidak terbakar, hal ini membuat orang terkejut.

Daerah-daerah bencana berat yang mengalami kebakaran besar, adalah dua kota Marysville dan Kinglake yang dekat dengan Melbourne, beberapa orang yang meninggal adalah ketika mereka mencoba melarikan diri dari kobaran api, namun tidak sempat, hingga terbakar sampai meninggal di dalam mobil. Dapat dilihat bahwa betapa besarnya penyebaran kebakaran besar ini, dengan situasi yang sangat mengerikan. Selain dari State of Victoria, Australia Selatan dan New South Wales, juga telah diserang oleh kebakaran.

Kebakaran di Kilmer telah memusnahkan 30.000 hektar hutan, 500 anggota pemadam kebakaran bekerja keras untuk mengontrol api, api besar sedang merambat pada kota Kinglake yang menewaskan 6 orang. Dinas Kebakaran Desa mengatakan api besar di Kilmer sedang bergerak ke wilayah Glenburn, terutama di Kilmer serta utara dan timur laut daerah pemukiman. Dinas Kebakaran desa mendesak warga, sekarang mereka harus memutuskan untuk pergi atau tetap tinggal.

Stasiun Pemdam Kebakaran mengatakan: "Sekarang kebakaran api di sekitar wilayah Glenburn masih sangat besar, penduduk dapat memperkirakan asap dan bara api menyerang. Semua warga di daerah-daerah tersebut sekarang harus dapat mengaktifkan rencana anti api mereka, dan tetap dalam keadaan waspada yang tinggi." Stasium Pemadam Kabakaran masih mengatakan"penduduk tidak boleh bergantung pada anggota pemadam yang bisa segera datang dan melindungi harta benda mereka. Kebakaran hebat berkorbar di wilayah ini, jika tidak segera meninggalkannya adalah sangat berbahaya."

Stasium Pemdaman Kebakaran mengingatkan warga di daerah ini, asap pembakaran dan bara api dapat menyerang rumah mereka dan menyarankan agar mereka lebih banyak patroli, jika menemukan api bara jatuh di atas atap rumah mereka, harus segera memadamkannya.

Di Utara kota Melbourne, ada sekitar 400 titik kobaran api, daerah yang terkena dampak kebakaran mencapai 150.000 hektar, 30.000 anggota di sembilan lokasi utama memerangi kebakaran.

Perdana Menteri Australia Kevin Rudd yang sedang memeriksa di daerah-daerah yang terkena dampak mengatakan bahwa dampak kebakaran terhadap Australia adalah sangat dahsyat, ini adalah tragedi yang "sangat dahsyat dan juga sangat menggemparkan" Australia. Saat ini, polisi menduga ada yang sengaja menyulutkan apai.

Kebakaran yang serius di Australia terjadi pada tahun 1983 di sekitar Victoria dan Selatan Australia telah menyebabkan 75 orang meninggal dan 2.500 rumah musnah terbakar.(lim)


ImageFoto 8 Pebruari, di Kinglake utara Melbourne ratusan rumah terbakar, 29 orang meninggal. (AFP)


ImageSuhu udara panas dan kekeringan yang berkelanjutan memnyebabkan kebakaran bukit bertambah besar. (AFP)


Image7 Februari, di jarak 125 Km bagian Barat Melbourne Australia, petugas pemadam kebakaran sedang mengamati gunung yang terbakar. Di New South Wales sedikitnya ada 40 titik kebakaran gunung, kawasan yang terbakar ribu hektar. (AFP


ImageDi State of Victoria, Australia sedikit ada 600 rumah hancur terbakar, dalam gambar anggota pemadam kebakaran sedang mengamati tempat yang telah terbakar. (AFP)

sumber : forum

1 comment:

  1. melda florencie4/15/10, 1:22 PM

    kebakaran hutan adalah diakibatkan oleh percikan api.
    disebabkan oleh bahan bakar, cuaca, waktu, topografi.

    ReplyDelete