Monday, March 16, 2009

Bagaimana Menurunkan Kadar Lemak Masakan China

Jumat, 13 Maret 2009 | 14:29 WIB

Kompas.com - Anda doyan chinese food, bahkan suka memasak jenis masakan itu? Jika Anda ingin masakan China yang kadar lemaknya rendah, berikut tipsnya.

1. Hindari makanan yang menggunakan saus yang berat seperti makanan yang dimasak-merah dengan saus kecap dan gula.

2. Jika Anda hendak mencoba makanan khas China dari daerah tertentu, masakan Kanton pada umumnya merupakan pilihan yang terbaik, misalnya ayam lemon khas Kanton. Masakan Kanton biasannya ringan dan menggunakan bahan baku yang segar.

3. Kurangi jumlah minyak yang digunakan untuk menumis. Jika makanan mulai lengket, tambahkan air atau kaldu. Kaldu juga berguna untuk memperkuat rasa.

4.
Ketika menggoreng dengan minyak yang banyak, pastikan minyak tersebut cukup panas sebelum menggoreng. Makanan yang digoreng dengan panas yang rendah atau dimasukan ke dalam minyak yang belum panas cenderung berminyak. Jangan memasukkan terlalu banyak makanan ke dalam penggorengan, karena hal ini juga akan menurunkan suhu. Jika digoreng dengan benar, makanan hanya akan mengandung sedikit minyak.

5. Cobalah metode memasak yang lain selain menumis dan menggoreng, seperti mengukus atau memanggang.

6. Cobalah memasak daging yang telah dieskan sebagian. Hal ini akan mempermudah Anda menghilangkan lemaknya dan memotong daging dalam potongan yang lebih tipis. Selalu buang lemak sebelum memasak.

7. Kurangi jumlah daging dalam makanan Anda. Masakan China sehari-hari kebanyakan berbahan dasar beras atau biji-bijian dan sayuran, dengan daging sebagai pelengkap.

8. Penulis Stephen Wong menyatakan, lemak membuat rasa lebih enak. Untuk memperkuat rasa dalam makanan rendah lemak, ia menyarankan penggunaan bumbu-bumbu yang menyehatkan seperti jahe, bawang putih dan daun ketumbar.

9. Gunakan mie yang rendah lemak. Sebagai contoh, semangkuk bihun yang telah dimasak memiliki kadar lemak 0.352 gram, sedangkan semangkuk mie chow mein mengandung kadar lemak sebesar 13.842 gram.

10. Akhirnya, jika resep menggunakan santan, cobalah menggunakan santan yang rendah lemak atau tidak kental. (See-Indonesia.com)


EGP

Sumber : http://megapolitan.kompas.com/read/xml/2009/03/13/14290127/bagaimana.menurunkan.kadar.lemak.masakan.china

0 comments:

Post a Comment