Monday, March 30, 2009

Studi: Video Game Pertajam Penglihatan

Chicago - Para gamer yang getol main banyak video game ternyata tak semata mendapat hiburan. Menurut para peneliti di Amerika Serikat, penglihatan mereka juga dapat bertambah baik.

Para peneliti ini mengklaim bahwa orang yang suka main game bernuansa aksi mengalami peningkatan kemampuan mata. Salah satu manfaatnya adalah mempertajam penglihatan saat sedang mengemudi di malam hari.

"Kami menemukan bahwa video game aksi melatih otak memproses informasi visual dengan lebih efisien," papar Daphne Bavelier dari Unversity of Rochester yang membesut riset tersebut.

Dalam studi, tim peneliti membagi 22 pelajar dalam 2 grup. Grup pertama memainkan game aksi Call of Duty 2 dan Unreal Tournament 2004. Grup kedua memainkan The Sims 2, game yang dikatakan tak membutuhkan koordinasi antara tangan dan mata yang terlalu besar.

Setelah memainkannya dalam kurun waktu tertentu, relawan yang memainkan video game aksi menunjukkan peningkatan sebesar 43 persen dalam kemampuan membedakan kontras.

Jika dilatih secara intensif, para peneliti itu meyakini bahwa para gamer yang gemar permainan aksi sensitivitasnya terhadap kontras jadi 58 persen lebih baik. Demikian seperti dikutip detikINET dari Reuters, Senin (30/3/2009). ( fyk / ash )


Sumber : http://www.detikinet.com/read/2009/03/30/123505/1106976/398/studi-video-game-pertajam-penglihatan

0 comments:

Post a Comment