Tuesday, March 17, 2009

Makan Bareng Keluarga, Manfaatnya Besar Lho!

Sabtu, 14 Maret 2009 | 11:40 WIB

BEIJING, KOMPAS.com — Para orangtua yang ingin menanamkan kebiasaan makan yang baik pada anak mereka, terutama remaja, sebaiknya mengikuti nasihat yang satu ini. Biasakanlah untuk secara rutin makan bersama-sama.

Dalam studi jangka panjang pertama yang meneliti manfaat makan bersama anggota keluarga, peneliti di School of Public Health di University of Minnesota mendapati bahwa makan bareng memiliki dampak besar pada remaja karena semua itu mendorong kebiasaan makan sehat dan pilihan gizi yang baik.

"Temuan ini menunjukkan, makan bareng secara rutin selama masa peralihan dari awal sampai pertengahan masa remaja secara positif berdampak pada perkembangan perilaku sehat bagi pemuda," kata Teri L Burgess-Champoux, yang menggelar studi tersebut.

"Pentingnya kebersamaan berbagi pengalaman waktu makan dengan landasan konsisten selama masa perkembangan penting ini mesti ditekankan pada orangtua, penyedia perawatan kesehatan, dan pendidik," tambahnya.

Para peneliti mengkaji data dari Project EAT, studi yang meneliti faktor sosial-ekonomi, pribadi, dan perilaku apa yang memengaruhi kebiasaan makan dari sekitar 400 anak. Semua anak yang menjadi responden penelitian diminta menjawab semua pertanyaan ketika mereka berusia 12 sampai 13 tahun dan selama lima tahun kemudian. Selama masa 10 tahun pertama, 60 persen anak secara rutin makan bersama keluarga mereka, sedangkan 30 persen melakukannya belakangan selama masa remaja.

Anak yang makan lima kali atau lebih setiap pekan bersama keluarga mereka, baik pada awal maupun pertengahan masa remaja, menyantap makanan yang lebih sehat dengan banyak sayuran dan makanan yang kaya akan kalsium, serat, dan mineral lima tahun kemudian

Meskipun makan secara rutin bareng dengan keluarga berkaitan pola makan yang lebih baik, secara keseluruhan makanan yang memadai tak dicapai bagi seluruh sampel studi tersebut, kata para peneliti itu. Temuan tersebut dipublikasikan dalam edisi terbaru Journal of Nutrition Education and Behavior.


AC
Sumber : Antara

Sumber : http://kesehatan.kompas.com/read/xml/2009/03/14/11403629/makan.bareng.keluarga.manfaatnya.besar.lho

0 comments:

Post a Comment