Monday, March 30, 2009

Pelabuhan Venezia jadikan Ganggang Sebagai Sumber Energi

Rachmatunnisa - Okezone

ROMA - Pelabuhan Venezia berencana mencukupi kebutuhan energi secara mandiri dengan membangun power plant berbahan bakar ganggang. Ini akan akan menjadi fasilitas pertama dalam jenis teknologi bahan bakar di Italia.

"Perangkat energi tersebut akan beroperasi dalam kurun waktu dua tahun dan menghasilkan daya listrik sebesar 40 megawatt," ujar kepala pelabuhan Venice yang tak menyebutkan namanya, seperti yang dikutip Reuters, Kamis (26/3/2009).

Ia pun menambahkan sumber energi bebas emisi akan membantu memelihara keseimbangan ekologi bagi danau bersejarah yang indah di kota tersebut.

Pembangunan power plant ini sendiri menelan dana sebesar 200 juta euro, dengan menggandeng perusahaan jasa energi, Enalg.

Selain menjadi sumber energi untuk listrik, beberapa perusahaan sedang berusaha mengolah ganggang menjadi minyak sayur. Sebab jika sudah diolah, jenis tanaman tertua ini dapat diubah menjadi biodiesel atau sumber energi lain.

Di Venezia, budidaya ganggang dilakukan di dalam laboratorium. Pembudidaya menaruhnya ke dalam plastik silinder berisi air, karbondioksida. Sehingga, memudahkan terjadinya proses fotosintesis pada ganggang. Hasil biomass ganggang akan diolah lebih jauh untuk menghasilkan bahan bakar untuk memutar turbin.

Pelabuhan Venezia memerlukan sekitar 7 megawatt untuk mencukupi kebutuhan energinya. Dengan demikian, kelebihan energi akan digunakan sebagai persediaan bahan bakar bagi kapal yang berlabuh di dermaga.

Selain itu, ahli yang menangani proyek ini pun mempertimbangkan pembuatan taman photovaltic yang bisa menghasilkan energi solar sebesar 32 megawatt. (srn)

Sumber : http://www.indocina.net/viewtopic.php?f=27&t=36763

0 comments:

Post a Comment