Sunday, March 1, 2009

Beragam Manfaat Cuka

ImageTerkadang cuka juga dicampuri dengan rempah-rempah atau tanaman herbal seperti Oregano (tanaman rempah asli Eropa, banyak digunakan pada kuliner Italia dan Yunani). (WIKIPEDIA)






Sering mengonsumsi cuka sangat baik bagi tubuh, bila ditambahkan dalam vas bunga dapat mencegah air membusuk, sebagai alat pembersih juga sangat efektif.

Mari kita menengok sekilas ke Jepang, di rumah terdapat sebotol cuka, manfaatnya sungguh banyak.

Anda merisaukan ketel air yang penuh kerak air yang sulit dibersihkan dengan larutan pembersih biasa? Coba campurkan satu sendok cuka dan dua sendok garam, maka jadilah larutan pembersih yang super.

Tempat pembuangan air seringkali terdapat penumpukan sisa-sisa makanan, yang juga sering mengeluarkan aroma tidak sedap, selain dapat dibersihkan dengan larutan pembersih yang ada pada umumnya, maka bisa juga dengan menaburkan sedikit cuka di sekeliling saluran pembuangan, busa yang dihasilkan dapat dengan cepat menghilangkan aroma tak sedap tadi. Setelah itu siram dengan air panas maka akan dapat membersihkannya seperti baru.

Selain itu kita dapat membuat sendiri larutan pembersih sederhana. Hanya dibutuhkan satu gelas cuka, ditambah lavender, herbal 10 gram, semuanya direndam selama dua minggu, didapatlah larutan pembersih dengan aroma lavender, akan menjadi pembersih kaca dan lemari es yang ampuh.

Disamping itu, ada seorang ibu juga memakai cuka dalam karya seni taman. Ia memasukkan satu liter air ke dalam vas bunga, lalu ditambahkan satu sendok cuka dan satu sendok gula, alhasil dapat mencegah pembusukan air dalam vas bunga, malahan gula menjadi tambahan zat gizi bagi bunga.

Cuka juga dapat berfungsi untuk memelihara kecantikan. Ada seorang ibu biasanya setelah mencuci muka dengan sabun, ia akan merawat wajahnya dengan cara membilasnya dengan air bersih yang ditambahkan sedikit cuka, sungguh menghemat produk perawatan wajah. Bahkan anjing peliharaannya juga dibasuh dengan air yang dicampur cuka, hal ini akan sangat efektif untuk menghilangkan kotoran dan bau. (Yang Qing/The Epoch Times/prm)


Sumber : Forum

0 comments:

Post a Comment