Thursday, January 22, 2009

Mobil berkecepatan super sonik


Rekor mobil tercepat di dunia dipegang Thrust SSC dengan laju lebih dari 1.200 km/jam. Demi mengunggulinya, para peneliti di Inggris sedang mengembangkan sebuah mobil dengan kecepatan melebihi tembakan pelor (peluru, red). Seperti apa wujudnya?

Kamu pastinya pernah atau bahkan sering ngeliat mobil yang bisa lari dengan kecepatan supersonik. Di film tentunya! Kalau dulu, mungkin itu cuma khayalan doang. Tapi, sekarang orang sudah bisa mewujudkannya. Seperti yang dilansir oleh Reuters, kendaraan futuristik ini bakal mampu melesat dengan kecepatan lebih dari 1.600 km/jam!

Bloodhound SSC, namanya, sengaja diambil dari nama rudal supersonik milik Inggris yang digunakan semasa perang dingin lalu. Ilmuwan-ilmuwan yang terlibat dalam proyek ini mengakui, kecepatan Bloodhound SSC bisa ditingkatkan menjadi 1690 km/jam. Kecepatan kayak gini sama saja dengan kecepatan sebutir peluru yang ditembakan Revolver 357 Magnum.

Dalam pembangunannya, kendaraan roda empat ini telah menelan budget 12 juta Poundsterling yang disediakan lima sponsor, di antaranya Engineering and Physical Sciences Research Council,Swansea University dan University of the West of England. Sementara itu, cetak biru (blueprint)dan tiruan Bloodhound sendiri bisa dilihat di The Science Museum yang terletak di London.

Proyek rahasia ini telah berjalan selama 18 bulan dan dirampungkan di sebuah hangar pesawat diBristol. Mobil berwarna orange ini merupakan mobil impian dari seorang pecinta mobil yang juga menjabat Menteri Ilmu Pengetahuan Inggris, Lord Drayson. Menurut rencana, tim ilmuwan dan mekanik Bloodhound bakal merealisasikan kendaraan supersonik itu dalam wujud nyata tahun depan.

Sebagai tenaga penggerak, Bloodhound SSC menyandingkan mesin jet Eurofighter Typhoondengan roket, sehingga, menghasilkan dorongan 20 ribu kgf. Logam terkuat dari bahan titanium kualitas tinggi, sengaja digunakan untuk bagian roda Bloodhound SSC yang masing-masing bergaris tengah 900 milimeter. Terus, bagaimana cara menghentikan laju kendaraan berbobot 6,4 ton ini? Mobil ini akan menggunakan dua buah parasut serta rem angin atau airbrake untuk menahan larinya.

Seorang ahli matematika sekaligus komandan pilot tempur kesatuan Angkatan Udara Inggris (RAF), Andy Green, rencananya juga akan didaulat sebagai pilot kendaraan super cepat di darat ini saat uji coba nanti. Andy bakal menggunakan akselerator untuk menyalakan mesin jet hingga mencapai kecepatan 563 kilometer per jam. Setelah itu, kecepatan ditambah dengan cara menyalakan solid rocket booster. Mesin balap AV-12 mulai memompa lebih dari satu ton hidrogen peroksida ke dalam booster sampai Bloodhound SSC mencapai kecepatan 1600 km/jam. Mobil yang memiliki panjang 12,8 meter dan berat 6,4 ton ini cuma butuh waktu 40 detik saja buat melesat hingga 1600 km/jam.

Lokasi pengetesan Bloodhound menurut rencana akan dilakukan di gurun Afrika Selatan. Namun, tidak menutup kemungkinan bagi tim untuk melakukan uji coba di tempat lain, seperti di dataran garam di AS atau OZ. Buat sementaram kesan nyaman gak bakal kamu dapati dari tunggangan ini. Solanya, kamu duduk persis di bawah intake mesin jet, jadi pasti bakalan sangat bising



Sumber : Forum

0 comments:

Post a Comment